Minggu, 16 Maret 2014

ENDOMETRIOSIS

Senin, 17 Maret 2014 

ENDOMETRIOSIS

Sering disepelekan karena dianggap sebagai haid biasa...

----------

Menghadapi masa haid bagi sebagian wanita, ada yang merasakan sakit luar biasa, khususnya dibagian pinggang sampai kebawah perut. Hal tersebut terkadang dianggap biasa dialami saat menstruasi. 

Beberapa penelitian terbaru di negara-negara maju mengungkapkan ada setengah dari remaja yang mengalami rasa sakit pada perut bagian bawah saat haid. Dan hal tersebut karena disebabkan menderita 'endometriosis.'

Endometriosis seringkali tidak mendapat perhatian serius, baik bagi penderita maupun dokter yang memeriksanya. Karena rasa sakit saat haid, dianggap hal yang sudah biasa. Karena itulah banyak kasus endometriosis yang parah karena terlambat menanganinya. 

Adakah dari sobat wanitaku yang mengalaminya? Jangan dianggap sepele ya...

Hal itu tengah saya alami saat ini. Merasakan sakit saat haid sudah dirasakan sejak masih single dan saat sudah menikah dan memiliki anak, rasa sakit itu tak kunjung hilang. Berupaya menghilangkan rasa pegal di pinggang dengan olah raga, membantu juga sih untuk mengurangi rasa sakitnya walau tidak hilang sepenuhnya.

Baru-baru ini, ketika saya mencoba untuk memeriksakan kembali kondisi kesehatan saya. Ternyata saya menderita 'endometriosis.' Bingung karena tidak mendapat penjelasan yang lengkap dari dokter yang memeriksa, akhirnya saya berusaha sendiri untuk mengetahui lebih jelas mengenai endometriosis tersebut. Sekedar menyikapi endometriosis sebelum terlambat.

Tulisan mengenai endometriosis ini pernah saya posting di fb, dan berikut saya lampirkan kembali:

Endometriosis..., apa itu???

7 September 2013 pukul 20:53 (fb: Jean Rosa Aipassa)
Malam ini gw datang ke dokter kandungan, berencana ingin memeriksakan kembali ''kista'' yg dulu pernah ada. Gilaaa, gw tahu punya kista sejak si bule usianya 1th sekian2...tp baru periksa kembali malam ini.
Ternyata dari hasil pemeriksaan, gw terkena Endometriosis, waduh!! apaa lagi itu. Sekilas yang gw tangkep dr penjelasan dokter adl, adanya kesalahan penempatan endometriosis di luar kandungan yg seharusnya berada di dlm. Dengan akibat, rasa nyeri saat haid yg berkepanjangan, sepanjang haid berlangsung... Bla bla bla. Akhirnya gw dikasih surat rujukan untuk melakukan HSG, untuk dpt mengetahui kondisi selanjutnya untuk nantinya dilakukan tindakan.
Berikut gw share ya, apa yg dimaksud dg Endometriosis (ambil beberapa informasi dr mbah google). Semoga manfaat :)

Endometriosis adalah gangguan kesehatan sebabkan oleh pertumbuhan dinding rahim (endometrium) di tempat yang “salah'' (di luar rahim), menyebabkan peradangan, nyeri, dan kemungkinan infertilitas.

Berikut adalah gejala endometriosis:

1. Nyeri Haid yang Parah (Dismenore)
Banyak wanita yang mengalami nyeri haid, namun pada endometriosis nyeri yang dialami sangat parah.
Meskipun demikian, rasa nyeri bukan indikasi yang tepat atas tingkat keparahan endometriosis karena beberapa wanita denganluka endometrial serius namun tidak merasa nyeri.

2. Nyeri Panggul (Pelvic Pain) Salah satu gejala endometriosis yang harus diwaspadai adalah nyeri panggul.
Jika Anda menderita nyeri panggul konstan, terutama jika makin memburuk selama masa ovulasi dan selama atau setelah hubungan seksual, Anda harus waspada.

3. Menstruasi yang Berlebihan dan Tidak Teratur (Menometrorrhagia)
Pada siklus menstruasi normal, lapisan dinding rahim akan meluruh dan darah menstruasi mengalir keluar dari tubuh.
Pada wanita dengan endometriosis, darah menstruasi tidak dapat keluar dari tubuh.
Oleh karena itu, menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi salah satu gejala endometriosis.

4. Infertilitas
. Beberapa wanita mungkin tidak mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas.
Endometriosis bisa terungkap hanya setelah dilakukan pemeriksaan kesuburan secara menyeluruh.[]

----------

Itu hanya sedikit informasi yang bisa saya sampaikan pada blog pertama saya ini. Insya Allah, akan saya tulis kembali tambahan informasi lainnya. Semoga manfaat ya...

-bundanyasibule- 
cengar cengir nulis blog baru, xixixi

2 komentar:

Saling berbagi dan saling berkomentar baik